seseorang selingkuh secara umum dikarenakan hal ini | DUNIA CEWEK seseorang selingkuh secara umum dikarenakan hal ini - DUNIA CEWEK

seseorang selingkuh secara umum dikarenakan hal ini


A. ALASAN UMUM KENAPA TERJADI PERSELINGKUHAN



Pahamilah bahwasanya perselingkuhan terjadi bukan tanpa sebab. ada berbagai alasan yang melatar belakangi tragedi ini.

Secara umum, alasan-alasan berikut ini adalah hal-hal yang sering kali menjadi pemicu terjadinya perselingkuhan. Baca sampai tuntas agar kamu bisa memahami kemudian mampu mencegahnya. 

1. selingkuh selalu terjadi karena alasan tidak adanya kenyaman menjalin sebuah hubungan


Dalam sebuah hubungan baik pacaran maupun pernikahan, landasan yang paling kuat untuk mengikat cinta yang erat adalah bermula dari rasa kenyaman. Ketika sebuah hubungan sudah mencapai posisi yang ideal yaitu merasa nyaman, maka cinta yang terjalin antara dua insan akan lebih terkontrol serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Ketika hubungan sudah membuat hati dua pasangan saling merasa nyaman, maka mereka akan berpikir dua kali untuk menghianati pasangannya, karena tentu mereka nggak mau menjauh dari orang yang paling memahami mereka. Mereka akan berusaha sekuat tenaga menjaganya.

Bahkan saat ada cobaan pun, akan lebih memudahkan mereka untuk menghadapinya dengan menghilangkan ego masing-masing. Tidak ada lagi yang namanya pikiran untuk mengalahkan pasangan, karena ada landasan filosofi dihati bahwa mereka akan selalu bersama dengan cara menghadapi rintangan dengan kedewasaan.

Memang untuk mencapai rasa nyaman dalam sebuah hubungan itu sulit, namun beberapa hal ini bisa menjadi acuan agar kamu terhindar dari perselingkuhan. Berikut adalah hal yang bisa membuat hubungan tidak nyaman, yang harus kamu hindari,

a. Terlalu posesif, terlalu menuntut banyak hal dari pasangan


Sebagai pasangan yang baik, kamu harus tahu bahwa pasanganmu juga perlu kebebasan. Karena mereka juga sesekali ingin melakukan beberapa hal yang diinginkan. Ketika itu kamu lakukan, maka otomatis mereka akan senang karena kamu memberi keleluasaan bagi mereka untuk melakukan beberapa kegiatan yang mereka sukai. 

Jika dalam sebuah hubungan, kamu terlalu mengatur tentang kehidupannya, padahal sebagai manusia kamu paham bahwa itu bukan kuasamu. Maka yang ada adalah seiring berjalannya waktu dipastikan dia akan berontak dan menentang kamu. Jika berlanjut demikian, kemungkinan dia untuk pergi atau selingkuh menjadi sesuatu yang mungkin akan terjadi. 

Menuntut banyak hal pun harus kamu hindari, karena tidak semua hal yang kamu inginkan akan mampu dipenuhi dia. Lagian dengan banyak tuntutan dari kamu, dipikiran dia akan muncul tanda tanya besar tentang bagaimana cintamu ke dia. Akan timbul keraguan darinya, muncul perasaan bete dan nggak nyaman, dan muncul rasa bahwa kamu tidak sayang karena hanya peduli diri sendiri. Lambat laun maka dia akan jenuh dan pengen bubaran dengan kamu.

Maka hindari sikap posesif dan menuntut banyak hal. Karena dari sesuatu yang sederhana akan menjadi sebuah jalan terjadinya tragedi cinta yang sakit dan pahit.

b. Tidak menghargai pasangan


Menghargai pasangan adalah sebuah keharusan dan keutamaan yang harus kita lakukan, karena tanpa menghargai mereka maka akan menimbulkan kesenjangan yang mengakibatkan ketidak nyamanan. Kamu tentu pernah terbayangkan kan bagaimana rasanya jika kamu bersama dengan orang lain yang nggak menghargai kamu. Tentu kamu merasa tidak betah dan ingin segera menjauh. Hal itu juga berlaku dalam hubungan dengan pasangan kamu. Jika kamu tak mampu menghargai dia yang kini didekat kamu, maka dipastikan dia akan memiliki keinginan untuk pergi dari kamu. 

Beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan dalam upayamu menghargai pasangan adalah dimulai dari ucapan. Karena tanpa sadar seringkali perkataan yang kita uraikan melukai hati mereka. Lidah memang tak bertulang, karenanya sangat mudah sekali membuat luka. Agar kamu bisa menghargai pasangan, maka menjaga etika sopan santun dalam berbicara pun harus mulai kamu perhatikan dan terapkan yaitu dengan tutur kata yang lembut kepada pasangan.

Selain menjaga ucapan, kamupun harus mulai menjadi pendengar yang baik untuk dia. Mungkin selama ini kamu selalu berbicara banyak hal tentang pendapat dan ide kamu ke dia, namun pernahkah kamu mendengarkan ide-ide dia dengan antusias dan semangat. 

Barangkali kamu mengira bahwa kamu udah menghargai dia tapi pada kenyataannya kamu tak pernah mengindahkan dia saat membicarakan dunianya. Mulai sekarang rubahlah kebiasaan buruk kamu, minimal diam dan perhatikan secara serius saat dia bicara, meskipun kamu tidak suka. Dengan hal itu maka perlahan kamu tentu juga akan selalu dihargai dia. Dan tidak akan ada yang namanya kata selingkuh karena baginya kamu sudah yang terbaik. 

Menghargai adalah segala hal yang berasal dari pikiran dan tindakan, maka untuk menghargai jangan pernah berpikir bahwa kamu bisa mengatur hidup dia, merasa bahwa kamu lebih pintar dari dia, merasa bahwa kamulah yang paling benar, dan berpikir bahwa kamu lebih hebat dari pasangan kamu. Jika kamu berpikir demikian, maka kamu adalah pribadi yang tak punya sifat rasa menghargai. Mulai sekarang rubahlah agar hubungan yang terjalin dengan pasangan akan lebih baik dan nyaman. 

c. Kurang perhatian, memunculkan kesepian, kesendirian dan butuh perhatian


Ketika sebuah hubungan yang terjadi dimana salah satu pasangan tidak memberikan perhatian yang optimal kepada pasangan, maka bisa memunculkan rasa kesepian dan kesendirian bagi salah satu pasangan tersebut. Dengan adanya hal itu tentu akan membuat salah satu pasangan merasa tidak nyaman. Perhatian memang sangat penting, karena dengan hal inilah sebuah hubungan bisa awet dan langgeng. 

Sebaliknya tanpa perhatian yang cukup maka sebuah hubungan bisa pupus ditengah jalan. Hal ini lah yang juga semestinya diperhatikan, jangan sampai sang kekasih merasa terabaikan, merasa terpinggirkan, karena dengan adanya timbul perasaan nggak diperhatikan, jalan perselingkuhan sangat rawan terjadi. 

d. komunikasi yang tidak ideal atau efektif


Komunikasi menjadi salah satu faktor penting dan penentu keberhasilan dalam sebuah hubungan. Tanpa adanya komunikasi yang baik, yaitu komunikasi yang ideal dan efektif maka dipastikan sebuah hubungan akan sulit untuk bertahan dalam waktu yang lama. Faktor inilah yang juga menjadi andil besar terjadinya sebuah perselingkuhan oleh salah satu pasangan. 

Maka untuk itu perlu memahami bagaimana cara menciptakan komunikasi yang efektif dan ideal agar tercipta rasa nyaman. Perlu pula tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan pasangan sehingga memunculkan kepercayaan dan pengertian satu sama lain. 

Untuk mencapai ini ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar komunikasi dengan pasangan dapat berjalan baik efektif, serta ideal:

1). Belajar berkomunikasi secara jujur dan terbuka terhadap pasangan

2). Mampu memahami satu sama lain termasuk adanya perubahan, karena sebuah hubungan yang baik adalah sebuah hubungan yang berubah dan bertumbuh.

3). Luangkan waktu satu hari dalam seminggu dengan pasangan, karena hubungan perlu pula waktu spesial untuk berdua.

4. Melakukan kegiatan secara bersama, agar tercipta kedekatan secara emosional.

5). Paling penting kembali lagi yaitu Menghargai pasangan. 

Ketika lima point di atas diterapkan secara baik, maka akan tercipta komunikasi yang ideal dan efektif, sehingga dengan itu memunculkan perasaan nyaman yang menjadi salah satu keberhasilan membina sebuah hubungan. 

2. Bosan dan jenuh


Faktor lain yang menjadi alasan terjadinya perselingkuhan adalah karena muncul perasaan bosan dan jenuh. Hal ini biasa terjadi kepada pasangan yang telah lama menjalin sebuah hubungan. Tentu saja hal itu sangat wajar, karenanya cara terbaik agar tidak mudah bosan dan jenuh adalah dengan melakukan komunikasi yang jujur dan terbuka. Dengan jujur dan terbuka, maka kamu bisa mengemukakan berbagai hal tentang apa saja yang kamu suka dan tidak sukai dari pasangan, apa saja yang kamu inginkan dengan pasangan. Maka dengan keterbukaan dari satu sama lain, rasa jenuh akan hilang dan tidak lagi menjadi penghalang. 

3. Berusaha untuk mencari yang terbaik dan menemukan yang terbaik


Alasan lainnya yang membuat orang selingkuh adalah karena alasan berusaha mencari dan menemukan pasangan yang terbaik. 

Agar kamu terhindar dari tipe orang seperti ini maka pahami hal berikut ini.

Ketika ada salah satu orang yang mana dalam hidupnya tidak pernah puas dan mampu bersyukur atas apa yang diperolehnya, maka akan sulit bagi orang tipe seperti ini untuk setia dengan pasangan. Karena bagi orang seperti ini, pikiran dia hanyalah mencari yang terbaik dalam hal apapun termasuk dengan pasangan. 

Padahal dalam hidup ini tidak ada yang terbaik, segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada sesuatupun yang sempurna, karena kesempurnaan hanya milik-Nya. 

Dengan demikian dapat kita pahami bahwa akan sulit untuk orang yang tidak mampu bersyukur bisa bertahan dengan satu pasangan. Karena hidup mereka hanya untuk mencari yang paling istimewa, sedangkan hal itu tidak ada. Jadi jangan pernah untuk menjalin hubungan dengan tipe orang yang tidak mampu mensyukuri apapun. 

4. Marah dan kecewa terhadap pasangan


Ketika seseorang marah dan kecewa terhadap pasangannya, maka hal-hal seperti perselingkuhan sangat mungkin terjadi, karena itu adalah salah satu bentuk balas dendam terhadap pasangan yang menyakitinya. Kemarahan seringkali membuat pasangan gelap mata dan berani mengambil langkah yang salah untuk menghukum pasangannya. Mak untuk itu usahakanlah untuk tidak melakukan kesalahan terhadap pasangan, apabila kamu melakukan salah jangan sungkan untuk meminta maaf padanya. 

Beberapa hal yang bisa bikin pasangan marah dan kecewa diantaranya adalah

a. menyakiti pasangan lewat perkataan,

b. pernah menghianati pasangan dengan selingkuh, maka ia membalas selingkuh

c. pernah mengingkari janji yang diucapkan, maka membuatnya murka, dll. 

untuk itu jaga ucapan dan tindakan yang bisa memunculkan perselisihan dan pertengkaran agar terhindar dari perlingkuhan karena dasar kekecewaan. 

5. karena ada seseorang yang mampu memenuhi sisi emosional dimana hal itu tidak bisa dipenuhi pasangan


Beberapa hal yang bisa memicu pasangan untuk berselingkuh diantaranya karena pasangannya tidak mampu memenuhi kriteria yang diharapkan. Seperti tentang kenyaman yang telah disinggung di atas, lalu tentang kedekatan hati, tentang perasaan dihargai, tentang perhatian, dll. 

Disisi lain dia menemukan seorang yang mampu memenuhi hal itu, tentu saja dia lebih merasa bahagia dan nyaman dengan orang lain dibanding kekasihnya. Maka wajar jika kemudian dia membina hubungan dengan orang tersebut dan meninggalkan pasangannya. 

Pada sisi ini bukan lagi tentang masalah nafsu atau keintiman, bukan tentang cantik atau tampan, miskin atau kaya, tapi tentang bagaiman hati yang bisa sejuk dan damai dengan bersama orang lain.

6. Iseng dan untuk kesenangan semata


Ini adalah alasan paling nggak masuk akal yang membuat seseorang selingkuh, tapi memang faktanya ada. Ada beberapa orang yang melakukan selingkuh karena iseng dan demi kesenangan, yaitu pengen mencoba sesuatu yang menurutnya menantang. Mencoba sesuatu yang baru dan pengen tahu rasanya. Memang sulit untuk mengetahui secara pasti ciri orang selingkuh yang hanya karena iseng. Tapi apapun alasannya, tetap saja bahwa selingkuh adalah suatu tindakan yang tidak bisa ditolelir begitu saja. 

Itulah beberapa alasan umum yang membuat orang selingkuh. Semoga apa yang kami sajikan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share dan ikuti blog ini untuk terus mengetahui setiap update terbaru dari kami.



B. CARA YANG HARUS KAMU TERAPKAN AGAR TERHINDAR DARI PERSELINGKUHAN

Untuk menghindari sebuah perselingkuhan, maka beberapa cara berikut bisa anda terapkan agar kamu tidak dihianati pasangan.

1. Jangan pernah membandingkan pasangan, terima dia apa adanya


Agar kamu tidak mengalami perselingkuhan maka hal utama yang harus kamu lakukan adalah jangan pernah membandingkan pasangan. Karena dengan kamu melakukan hal ini, otomatis pasangan kamu akan merasa benci dan muak serta memiliki pikiran bahwa kamu tidak bisa menerima dia apa adanya. Jika hal itu terjadi maka bisa saja dia akan menjauh dan pergi dari kehidupanmu.

Bagaimanapun sifat pacarmu, terimalah dia secara penuh baik dari segi kelebihan dan kekurangannya, karena hidup ini tidak ada yang sempurna. Dan setiap kelebihan dan kekurangan adalah sesuatu yang harus digenapi dan di lengkapi. Jadi sudah sewajarnya kamu harus bersyukur memiliki dia apa adanya. Dengan itu maka akan memunculkan kepercayaan yang membuat pacar kamu makin sayang dan nggak akan pernah kepikiran ninggalin kamu.

2. Memperlakukan dia secara spesial, dengan cara kamu menghargainya

Perselingkuhan tidak semata terjadi lantaran pasangan kamu menemukan yang lebih cantik atau lebih tampan dari kamu. Akan tetapi ada pula alasan lain yaitu kedekatan hati atau pemenuhan emosional.

Ketika sebuah hubungan berlangsung, secara tak langsung pasangan kamu akan menilai tentang bagaimana kamu memperlakukan dia. Dari sinilah kemudian dia memiliki sebuah pandangan tentang cintamu, apakah benar dan serius atau hanya sekedar main-main.

Disaat pasanganmu merasa bahwa dia tidak menemukan kebahagiaan dan kenyaman dengan kamu, otomatis akan membuat dia ingin menjauh dan pergi. Biasanya ini terjadi karena kamu tidak mampu memperhatikan dia secara baik, memperlakukan pasangan kamu secara istimewa, dan kamu tidak bisa membuat dia menjadi seorang yang berharga di mata kamu.

Untuk itulah kenapa penting sekali untuk memperlakukan dia dengan istimewa, yaitu dari sikap kamu yang menghargai dia. Tentang bagaimana cara kamu saat didekatnya, saat bicara padanya, saat dia butuh seorang pendengar, saat ia membutuhkan duungan, saat dia ingin melakukan suatu hal sesuai keinginannya, maka kamu harus bisa memenuhi apa yang menjadi inginnya. Tentu saja dengan ketulusan bukan karena paksaan.

Jika kamu mampu melakukannya, maka kamu tidak perlu lagi ragu tentang cintanya, tentang kesetiaannya. Karena cinta dia akan mengalir tulus sesuai dengan perlakuaan kamu ke dia. Saat dia sudah merasa nyaman dan bahagia denganmu, maka tidak lagi ada yang menjadi penghalang cita kalian berdua.

3. Berikan dia penjelasan tentang konsekuensi dari perselingkuhan dan kemukakan prinsip kamu tentang hal itu

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari perselingkuhan adalah dengan membicarakan secara terbuka dan baik-baik tentang konsekuensi dari perselingkuhan kepada pasangan. Kamu harus bisa memberi pemahaman yang mampu membuatnya mengerti bahwa kamu tidak ingin dia selingkuh. Kamu pun bisa mengemukakan prinsip hidup kamu tentang hal ini. Dengan berbicara hal ini sedari awal, maka terjadinya perlingkuhan akan lebih dapat dihindari.

4. Saling berkomitmen untuk menjaga hubungan

Hubungan yang baik adalah hubungan yang awalnya memang dirancang secara baik-baik. Maksudnya disini adalah pasangan yang menjalani hubungan tersebut sedari awal secara terbuka sudah saling berbicara jujur kepada pasangannya, tentang harapan dan keinginanya, tentang bagaimana nantinya menjalani hubungan agar terhindar dari permasalahan (apa saja yang harus dihindari), dan tentang hal-hal yang harus dipenuhi masing-masing pasangan. Dengan memiliki arah yang jelas, maka tentu dengan itu ada komitmen-komitmen yang telah ditetapkan agar hubungan awet dan langgeng. Sehingga menjalani hubungan lebih mudah karena masing-masing pasangan tersebut memahami tentang rambu-rambu yang telah ditetapkan.

Itulah beberapa tips jitu terhindar dari perselingkuhan, dengan menerapkannya maka akan lebih menjaga hubungan kamu sehingga terhindar dari hal-hal yang nggak kamu inginkan. Selamat berusaha dan berjuang untuk cinta sejatimu :)